Minggu, 01 Oktober 2017

Class, Method, Constructor, Objek pada pemrograman Java

Assalamualaikum wr. wb

pada post kali ini saya akan membahas dengan singkat apa itu class,method, constructor dan objek pada bhs java

  1. Pengertian Class
Class merupakan suatu blueprint atau cetakan untuk menciptakan suatu instant dari object. Class juga merupakan grup suatu object dengan kemiripan attributes/properties, behaviour dan relasi ke object lain.
Contoh sintaknya:
[modifier1] class NamaKamar [modifier2]{
Class body;
  1. Pengertian Method
Method merupakan suatu operasi berupa fungsi-fungsi yang dapat dikerjakan oleh suatu object. Method didefinisikan pada class akan tetapi dipanggil melalui object. Metode menentukan perilaku objek, yakni apa yang terjadi ketika objek itu dibuat serta berbagai operasi yang dapat dilakukan objek sepanjang hidupnya. Ada 4 (Empat) bagian dasar yang dimiliki metode antara lain:
1.Nama metode
2.Tipe Objek atau tipe primitive yang dikembalikan metode.
3. Daftar parameter.
4. Badan atau isi metode.

  1. Pengertian Constructor
Construktor adalah Constructor merupakan suatu method yang akan memberikan nilai awal pada saat suatu objek dibuat. Pada saat program dijalankan, constructor akan bekerja dengan constructor, hal mendasar yang perlu diperhatikan, yaitu :
  1. Nama Constructor sama dengan nama Class.
  2. Tidak ada return type yang diberikan kedalam Constructor Signature.
  3. Tidak ada return stetement, didalam tubuh constructor.
 4. Pengertian Object

Object adalah instance dari class. Jika class secara umum merepresentasikan (template) sebuah object, sebuah instance adalah representasi nyata dari class itu sendiri.
Contoh : Dari class Fruit kita dapat membuat object Mangga, Pisang, Apel dan lainlain.Untuk membuat object, kita menggunakan perintah new dengan sebuah nama class yang akan dibuat sebagai instance dari class tersebut.
String str = new String();
Random r = new Random();
Pegawai p2 = new PEgawai();
Date hari = new Date();

hari adalah object reference dari class Date yang akan digunakan untuk mengakses class Date. Sedangkan operator new adalah operator yang akan menghasilkan hari sebagai reference ke instance dari class Date().

Sekian post kali ini
Wassalamualaikum wr wb :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar